5 Film yang Diadaptasi oleh GTA Vice City

GTA Vice City Dalam genre action-adventure, perlu diakui bahwa Grand Theft Auto Series adalah rajanya. Rockstar berhasil menciptakan dunia open world yang sangat imersif dan seru untuk dimainkan. Hasilnya, GTA secara cepat menjadi franchise paling populer dalam genre ini. Oleh sebab itu, game lain yang mengusung genre serupa pasti akan langsung dicap sebagai kloningan GTA.

Padahal faktanya, beberapa judul GTA justru tidak sepenuhnya berasal dari ide orisinil. Ada banyak misi-misi di GTA yang diambil langsung dari film-film populer seperti Terminator 2. Salah satu game yang paling terlihat jelas nyonteknya adalah GTA Vice City, dan bisa dibilang hampir setengah dari alur ceritanya diambil dari beberapa film terkenal.

GTA Vice City sendiri berlatar di kota Miami, Florida di era 1980-an. Pada masa itu, di Amerika Serikat sering terjadi perang gangster yang populer dengan sebutan mafia. Oleh karena itu, film-film yang referensinya bisa ditemukan di GTA Vice City pasti berkutat dengan kehidupan para mafia. Nah, apa-apa saja sih film-film yang ditiru oleh GTA Vice City? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini.

1. Godfather Trilogy (1972-1990)

Ketiga film Godfather ini tidak lain merupakan salah satu film tentang mafia yang paling populer sepanjang masa. Diadaptasi dari sebuah novel berjudul The Godfather karya Mario Puzo, dan menceritakan tentang konflik berkepanjangan antar geng beranggotakan orang-orang Italia yang tinggal di Amerika.

Referensi pertama tentang Godfather Trilogy tidak lain adalah Emilio Barzini, salah satu karakter penting dalam film tersebut. Karena di kota Vice City, bisa ditemukan dua restoran bernama Barzinis, dengan bendera Italia sebagai latarnya.

Tidak hanya itu, beberapa dialog legendaris dari film tersebut juga digunakan di GTA Vice City. Contohnya seperti kalimat “Luca Brasi sleeps with the fishes”, yang kemudian diucapkan oleh Lance Vance di misi berjudul Supply & Demand.

Selain itu, kalimat legendaris dari Michael Corleone yang berbunyi, “Keep your friends close, but your enemies closer”, pada akhirnya digunakan sebagai nama misi terakhir dari GTA Vice City.

2. Casablanca (1943)

Seperti yang ditunjukkan pada video, setelah berhasil membunuh semua musuh di misi terakhir, Tommy Vercetti akan mengucapkan kalimat di bawah ini kepada Ken Rosenberg:

You know Ken. I think this could be the beginning of a beautiful business relationship.

Dan ternyata, kalimat tersebut diambil dari adegan terakhir di film Casablanca, di mana sang karakter utama dari kalimat ini mengucapkan kalimat:

Louis, I think this is the beginning of a beautiful friendship

Sayangnya, apa yang diucapkan oleh Tommy Vercetti di atas tidak bisa menjadi kenyataan. Karena setelah alur cerita GTA Vice City berakhir, Ken Rosenberg tidak bisa lepas dari cocaine. Hingga pada akhirnya Ken harus masuk ke pusat rehabilitasi narkoba di San Andreas, dan gara-gara ini, hubungan Ken dengan Tommy tidak bisa diperbaiki lagi.

Baca Juga  Beberapa Game Racing yang bisa bikin harimu lebih cerah

3. Goodfellas (1990)

Film ketiga yang juga berkaitan erat dengan GTA Vice City jelas adalah Goodfellas. Pengisi suara Tommy Vercetti pun tidak lain merupakan salah satu aktor utama film ini bernama Ray Liotta. Pada film Goodfellas, Ray Liotta berperan sebagai seorang karakter bernama Henry Hill.

Selain itu pada GTA III dan GTA Vice City, bisa ditemukan adanya poster iklan sebuah film berjudul Badfellas. Sangat jelas bahwa film ini merupakan bentuk plesetan dari film Goodfellas.

Tapi, easter egg yang paling menarik dari film Goodfellas ini bisa ditemukan pada cutscene awal GTA Vice City. Pada cutscene tersebut, terlihat Sonny Forelli sedang berkumpul dengan anggota gengnya. Jika dilihat di bagian belakang dari ruangan tersebut, terlihat ada seorang pria yang digantung di samping daging mentah.

Pria tersebut pada akhirnya dinamai Frankie Carbone oleh para fans GTA. Frankie Carbone sendiri tidak lain merupakan salah satu karakter di film Goodfellas yang ditemukan mati tergantung di dalam sebuah truk berisi daging-daging beku.

4. Miami Vice (1984-1990)

Miami Vice tidak lain merupakan salah satu TV Series yang sangat populer di Amerika Serikat pada era 1980-an. Rockstar pun pada akhirnya mengadopsi beberapa unsur di Miami Vice untuk meningkatkan suasana era 80an di Vice City. Salah satunya adalah lagu soundtrack GTA Vice City yang terdengar mirip dengan soundtrack Miami Vice yang diaransemen oleh Jan Hammer.

Bahkan pada intro pembukaan GTA Vice City, Rockstar menggunakan artwork yang diambil dari sebuah adegan balap di Miami Vice.

Pada gameplay-nya pun, Rockstar memasukkan salah satu unsur terkuat dari Miami Vice yang tidak lain terletak pada karakternya. Karena karakter Lance Vance yang selalu menemani perjalan Tommy Vercetti, diperankan oleh aktor utama Miami Vice bernama Philip Michael Thomas.

Nah, Philip Michael Thomas pada series tersebut berperan sebagai Ricardo Tubbs, dan pakaian yang sering digunakan oleh Tubbs ini pun juga bisa dipakai oleh Tommy Vercetti. Pakaian ini bernama Mr. Vercetti outfit, dan bisa didapatkan setelah Tommy membeli sebuah properti bernama Pole Position yang terletak di bagian selatan kota Vice City.

5. Scarface (1983)

Jika kamu pernah menamatkan GTA Vice City, lalu menonton film Scarface, kamu pasti bisa menemukan banyak sekali kemiripan dengan alur cerita yang harus dilalui Tommy Vercetti.

Latar belakang kedua karakter utamanya pun sangat mirip. Tommy Vercetti tidak lain merupakan bekas tahanan di Liberty City yang akhirnya pindah ke Vice City. Karakter utama Scarface, Tony Montana, ternyata juga memiliki latar belakang serupa. Karena Tony Montana tidak lain merupakan tahanan politik dari negara asalnya, Kuba, dan kemudian kabur ke kota Miami bersama ribuan imigran lainnya.

Baca Juga  12 Game Android Horor 2021 Terbaik, Bikin Bulu Kuduk Kamu Merinding!

Tommy Vercetti kemudian bekerja untuk seorang boss bernama Ricardo Diaz, sedangkan Tony Montana bekerja untuk boss bernama Frank Lopez. Tak lama kemudian Tommy Vercetti membunuh Ricardo Diaz, karena ternyata Diaz pernah hampir membunuh Tommy Vercetti saat ia melakukan transaksi narkoba. Hal yang sama pun juga terjadi di Scarface, di mana Tony Montana membunuh bossnya, Frank Lopez, dengan alasan serupa.

Tommy Vercetti pun pada akhirnya mengambil alih markas Ricardo Diaz, dan hal yang sama pun juga dilakukan oleh Tony Montana. Ending GTA Vice City dan Scarface pun juga sangat mirip, di mana keduanya berakhir dengan aksi baku tembak di markas yang sudah mereka ambil alih.

Referensi Film Scarface di GTA Vice City

Nah, ternyata tidak hanya alur ceritanya saja yang mirip. Masih ada banyak lagi referensi Scarface yang bisa ditemukan di GTA Vice City:

  • Tommy Vercetti ditemani oleh Lance Vance sejak awal, dan akhirnya Tommy harus membunuh Lance karena dia berkhianat
  • Tony Montana ditemani oleh Manny Ribera, dan kemudian Tony membunuh Manny setelah mengetahui bahwa Manny berpacaran dengan adik kandungnya
  • Di dalam Apartment 3c yang terletak di selatan Vice City, terdapat sebuah kamar mandi berlumuran darah. Di dalamnya juga terdapat sebuah gergaji mesin berwarna kuning yang bisa diambil
  • Di awal film Scarface, Tony Montana hampir dibunuh oleh orang-orang Kolombia menggunakan gergaji mesin berwarna kuning di dalam kamar mandi berukuran kecil
  • Tony Montana pada akhirnya selamat, dan kemudian membunuh orang Kolombia tersebut yang tidak lain bernama Hector
  • Pada misi GTA Vice City berjudul Treacherous Swine, Tommy Vercetti ditugaskan untuk membunuh Gonzales menggunakan gergaji mesin. Baju yang dipakai oleh Gonzales pun juga terlihat mirip dengan baju yang digunakan oleh Hector saat hendak membunuh Tony Montana
  • Interior Malibu Club di GTA Vice City terlihat sangat mirip dengan interior Babylon Club di film Scarface
  • Interior mansion milik Ricardo Diaz juga terlihat mirip dengan interior mansion milik Frank Lopez
  • Baju yang digunakan oleh Tommy Vercetti di awal cerita terlihat sangat mirip dengan baju yang digunakan oleh Tony Montana

Dari sini terlihat jelas bahwa GTA Vice City sangat mirip dengan film Scarface dalam beberapa unsur, seperti plot twist, alur cerita keseluruhan, karakteristik, interior bangunan, bahkan hingga pakaian yang digunakan. Bisa dibilang juga bahwa GTA Vice City itu lebih Scarface daripada game Scarface: The World Is Yours yang dirilis di tahun 2006.

Nah, dari semua film-film yang sudah saya sebutkan di atas, apakah kamu sudah nonton semua filmnya? Film mana sih yang paling kamu suka? Jangan lupa bagikan pendapatmu di kolom komentar di bawah ya. Nantikan informasi seputar game dan teknologi lainnya di Elexmedia.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *